Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Peringati Hari Menanam Pohon, SD Muhammadiyah 22 Surabaya Gelar Gerakan Rawat Tanaman di Lingkungan Sekolah

| Desember 02, 2022 | 0 Views Last Updated 2022-12-03T02:54:56Z



Liputanphatas com || Surabaya, -Ditengah persiapan dan saat kegiatan Penilaian Akhir Semester, para siswa begitu antusias belajar dengan tema tema yang relevan, suasana keceriaan dalam belajar semakin menunjukkan kebermaknaan. 

"Dalam pekan ini ada dua kegiatan yang dapat menumbuh karakter kepedulian sekaligus turut berpartisipasi sebagai bagian dari pengalaman belajar".

Demikian disampaikan Listianah SE.I selaku Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 22 Surabaya, ketika dikonfirmasi Sabtu (3/12/2022).

Lanjut beliau, kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon pada 28 November 2022 para siswa kelas 3 SD Muhammadiyah 22 Surabaya begitu ceria dan penuh semangat menanam sebagai bagian dari proses pembelajaran kontekstual peduli lingkungan dengan  menanam, menyiram dan merawat sehingga pepohonan dan  tanaman di sekolah menambah keasrian, kerindangan. 

"Siswa tetap didampingi sekaligus dibiasakan untuk merawat tanaman di lingkungan sekolah. Sejak pagi sambil menunggu jam masuk sekolah beberapa siswa terlihat menyiram tanaman di vertikal garden  yang menempel dipagar sekolah dan ditempat lainnya", terangnya.

Keceriaan siswa saat menanam dan menyiram tanaman ada yang teringat dan menceritakan pengalaman saat di desa bersama kakek dan neneknya menikmati hijaunya persawahan dan rindangnya perkebunan sehingga udara sejuk dan segar, sedang siswa yang lainnya menceritakan pengalaman saat berada di rumah membantu orangtua merawat taman di rumah dengan beragam bunga dan warna warni dedaunan sehingga rumahnya rindang dan nyaman. 

Seperti diterangkan Aura Putri kelas 4 C kalau dirumahnya ada tanaman lidah buaya, jeruk dan lainnya yang selalu disiram dan dirawat dengan baik.
Begitu pula di rumah Kenzi terdapat pohon jambu air yang sering dipanen dengan rasa sedikit asam, tetapi tetap senang merawatnya.

Juga di rumah Clarissa, Yasmin dan Eyza terdapat tanaman hidroponik yang hasil panennya sering dimasak untuk dikonsumsi bersama keluarga.

Ustadzah Marni wali kelas 3A menyampaikan, pada momen kesempatan kali ini para siswa kelas 3 selesai pelajaran olahraga dilanjut menyiram dan menata tanaman serta menanam berbagai jenis tanaman obat keluarga, tanaman hias dan tanaman produktif. Disitu ada tanaman kunir, jahe, tomat, cabe, daun salam, dan anggrek, pohon klengkeng, mangga. 

"Karena rahmat Allah SWT., ragam tanaman dan pohon tersebut terdapat manfaat bisa untuk kesehatan, konsumsi, perdagangan, kerindangan.
Hari Menanam Pohon Indonesia ini diperingati sebagai bentuk kampanye dan sosialisasi kepada masyarakat untuk berpartisipasi menjaga lingkungan yang asri karena ketersediaan oksigen yang menyegarkan pernapasan. Selamat Hari Menanam Pohon,   jaga dan rawatlah tanaman dan pepohonan, kepedulian kita menambah keasrian lingkungan", imbuhnya.

Selanjut pada hari Kamis, 1 Desember 2022 yang diperingati Hari AIDS Sedunia, para siswa diberikan informasi tentang persoalan HIV AIDS, dan tema yang diusung pada tahun ini adalah "Satukan Langkah Cegah HIV, Semua Setara Akhiri AIDS". 

Informasi ini sebagai upaya sejak dini mengenal dan peduli, karena tidak hanya berakibat pada aspek kesehatan saja, tetapi juga ke aspek ekonomi, sosial, psikologi dan pendidikan. Demikian disampaikan Andi Hariyadi yang juga sebagai pegiat relawan TBC - HIV/AIDS.

Lanjut beliau, untuk itu diharapkan semua pihak bisa bersama mencegah HIV dengan pola hidup sehat, dan terus tingkatkan imunitas tubuh, karena kesehatan merupakan nikmat dari Allah SWT yang harus disyukuri.(dw)


×
Berita Terbaru Update