Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Polresta Pasuruan Kota Gelar Simulasi Penanganan Ujuk Rasa

| Januari 25, 2023 | 0 Views Last Updated 2023-01-25T10:45:27Z
 
Liputnphatas.com || Pasuruan Kota - Polresta Pasuruan gelar Personel Satuan Samapta Polres Pasuruan Kota mengasah kemampuan pengurai massa dengan menggelar simulasi penanganan unjuk rasa (unras). Rabu (25/01/23).

Kegiatan latihan dilaksanakan di Indonesia Power (PLTG) yang terletak di Grati, Pasuruan yang dipimpin langsung oleh Kaur Bin Ops Sat Samapta IPDA Darmaji, S.H.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolres Pasuruan Kota AKBP Dr. Raden Muhammad Jauhari,S.H.,S.I.K,M.Si beserta Kabag Ops Polres Pasuruan Kota Kompol Tatuk Irianto,S.H.,M.H, Kapolsek Lekok, AKP Agung, Kasat Samapta IPTU Kokoh Rakhmadi,S.H.,M.H, pimpinan PLN Indonesia Power, serta karyawan PLTG Grati.

Dalam kegiatan simulasi ini diasumsikan terjadi unjuk rasa karyawan PLTG yang mana massa unjuk rasa masih dalam tahap zona hijau atau aman sampai terjadi chaos.

Adapun tahapan-tahapan yang disimulasikan sesuai dengan SOP tentang Dalmas, yang di awali dengan persiapan personil dan pemberian AAP. Kemudian tim negosiator dan dalmas awal dengan menggunakan tali dalmas bersiap utk menerima massa unjuk rasa.

Ketika tim negosiator tidak menemukan titik temu dan terjadi chaos maka lintas ganti dengan pasukan dalmas lanjut yang telah menggunakan perlengkapan dalmas seperti tameng, tongkat dan pelindung tubuh serta dipadukan dengan menggunakan mobil penerangan dan mobil water canon.

Kapolres Pasuruan Kota AKBP Dr. Raden Muhammad Jauhari,S.h.,S.I.K.,M.Si., melalui Kasat Samapta IPTU Kokoh Rakhmadi, S.H.,M.H mengatakan, “Kegiatan seperti ini akan di lakukan rutin setiap bulan guna mewujudkan personil yang tangguh dan memiliki kemampuan dalam mengendalikan masa pengunjukrasa, baik situasi yang aman maupun kacau,“Jelas IPTU

IPTU Kokoh juga menambahkan tidak hanya tangguh, namun juga dapat bersifat humanis dan tidak arogan dalam penanganan masa unjuk rasa sehingga personil dibekali dengan pelatihan dan peningkatan kemampuan.

Dalam simulasi pengamanan unjuk rasa diminta tetap mengedepankan sikap humanis dan pendekatan kepada masa unjuk rasa dengan melibatkan tim negosiator.” Imbuh Kasat Samapta.

Selain itu, dirinya juga berpesan, "Agar seluruh personil Polri mengikuti dengan baik simulasi pengamanan unjuk rasa agar mengetahui tugas dan tanggung jawab masing-masing sebagai personil pengamanan.” Pungkasnya. (Nit/Hlim).

Editor: Bairi
×
Berita Terbaru Update